cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
info.ejournal@undiksha.ac.id
Phone
+6281236933978
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl Udayana Kampus Tengah Singaraja Bali 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Journal of Instruction
ISSN : -     EISSN : 27458628     DOI : https://doi.org/10.23887/iji
Core Subject : Social,
Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments. Studies may relate to any age level - from infants to adults. IJI, being an international journal, our editorial advisory board members are from various countries around the world. The articles sent to the Journal are always reviewed by two members of the Editorial Advisory Board (double blind peer review), and in some cases, if necessary, by another member of the Board. Depending on the evaluation reports of the members of the Editorial Advisory Board, articles are published or not. Article evaluation process takes approximately three months. The authors are responsible for the errors, if any, in their published articles. The articles need to be not published elsewhere previously.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021" : 5 Documents clear
Dampak Positif Penggunaan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Salamah; I Ketut Gading; Gede Wira Bayu
Indonesian Journal of Instruction Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/iji.v2i3.44515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan untuk penelitian ini adalah pra eksperimental dengan desain one shot case study. Populasi penelitian berjumlah 126 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 20 siswa yang diambil dengan cara undian. Masing-masing kelas IV di tiap sekolah dasar diberi nomor urut. Dari lima sekolah dasar, dilakukan satu kali pengundian untuk menentukan partisipan. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik inferensial (Uji T Bruning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD didapat nilai t sebesar 16.968 (nilai signifikansi= 0.000). Berdasarakan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai saran untuk siswa, guru, kepala sekolah, hingga peneliti lain terutama yang berkaitan dengan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Melalui model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk melibatkan semua indera yang dimilikinya dan meningkatkan kemampuan otak kanan dan kiri siswa.
Ciptakan Pembelajaran Bahan Isolator dan Konduktor yang Variatif dengan Menggunakan Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Berbasis Android Gabriella Komang Prila Santika; I Gede Astawan; I Gede Margunayasa
Indonesian Journal of Instruction Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/iji.v2i3.50945

Abstract

Ketersediaan media pembelaaran yang sedikit membuat guru sulit memilih media pembelajaran dalam proses pembelajaran sehingga guru hanya menggunakan satu jenis media dalam pembelajaran sehingga membuat pembelajaran kurang variatif. Maka dari itu sangat diperlukan adnya media pembelajaran yang variatif yang dapat guru gunakan dalam proses pembelajaran sehingga pembelaran menjadi variatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan yaitu untuk menghasilkan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik bahan isolator dan konduktor kelas V sekolah dasar yang telah teruji validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan media pembelajaran ini yaitu 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang guru dan 10 orang siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner. dengan menggunakan instrumen yaitu rating scale. Hasil penelitian menyatakan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik bahan isolator dan konduktor yang telah dikembangkan memperoleh skor validitas dari ahli materi sebesar 95% dan skor dari ahli media sebesar 97%, sedangkan skor kepraktisan dari guru sebesar 90% dan skor kepraktisan dari siswa sebesar 94% sehingga dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik.
Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Problem Solving Pada Muatan Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia I Kade Septatika Raditya; I Wayan Sujana
Indonesian Journal of Instruction Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/iji.v2i3.50948

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis rancang bangun media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD dan menguji kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 siswa kelas V. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validiasi media oleh (1) ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90% (sangat baik); (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 87,5% (baik); (3) ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,7% (sangat baik); dan (4) uji coba perorangan memperoleh persentase skor 95,83% (sangat baik). (5) penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 94,72% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia layak digunakan pada proses pembelajaran.
Pemanfaatan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa Kelas VI SD Ni Putu Candra Oka Wahyuni; Gusti Ngurah Sastra Agustika
Indonesian Journal of Instruction Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/iji.v2i3.50950

Abstract

Keterbatasan pemahaman guru dalam membuat media pembelajaran serta sulitnya mengajarkan konsep matematika saat pembelajaran daring menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi masih kurang dan berdampak pada hasil belajar siswa yang menjadi menurun. Penelitian bertujuan untuk menciptakan media berupa video pembelajaran matematika berbasis kontekstual learning pada mata pelajaran matematika kelas VI SD. Jenis dari penelitian ini yaitu menggunakan model ADDIE. Subjek yang terdapat pada penelitian ini yaitu para ahli yang terdiri dari 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran, serta siswa kelas VI yang terdiri dari 3 orang uji coba perorangan, dan 9 orang uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini diperoleh dari hasil review uji kelayakan produk dari para ahli dan siswa yaitu dari ahli isi pembelajaran memperoleh skor 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 94,23% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 94,44% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 93,97% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi, video pembelajaran berbasis kontekstual learning pada mata pelajaran kelas VI SD layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini yaitu video pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman belajar matematika siswa serta dapat dijadikan sebagai inovasi oleh guru dalam mengembangkan media pembelajaran.
Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Dikki Aleksander Ginting; I Komang Sudarma; Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana
Indonesian Journal of Instruction Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/iji.v2i3.50951

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran masih bersifat konvensional dimana metode ceramah dan tanya jawab masih mendominasi tanpa ada variasi model lain. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis proses pengembangan dan hasil uji validitas produk multimedia interaktif. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 9 orang siswa kelas III SD Negeri 040522 Tambunan. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, multimedia interaktif memperoleh skor sebesar 91,66% dari ahli isi pembelajaran, hasil penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 93,84%, hasil penilaian media pembelajaran sebesar 92,72%, hasil dari uji coba perorangan sebesar 95,55% dan hasil dari uji coba kelompok kecil sebesar 95,83% dengan keseluruhan berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik valid digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas III SD.

Page 1 of 1 | Total Record : 5